Keunggulan Komparatif dan Daya Tarik Kota Dumai
  1. dumai memiliki letak geografis yang strategis, dimana kota dumai berhadapan langsung dengan selat malaka, yang merupakan salah satu selat terpadat di dunia yang menjadi highway laut di asia tenggara dan berhadapan dengan 3 negara  maju di asia , yaitu : Malaysia, Singapura dan Thailand.
  2. Dumai mempunyai pantai yang panjang dan dalam, di lindungi pulau Rupat sebagai break water alami yangsangat menguntungkanuntukpelabuhan, sehingga baikdijadikansebagai kawasan industri.
  3. keseluruhan pelabuhan dumai tersebut memiliki kedalaman laut pelayaran rata-rata 10 s/d 15 meter disaat surut terendah , dengan air pelayaran yang dapt dilintasi oleh kapal-kapal besar , dan memiliki fasilitas yang dapt di sandari kapal berbobot 20.000 s/d 50.000 DWT.
  4. adanya program pengembangan terpadu dari pemerintah pusat dari provinsi Riau untuk menjadikan kawasan andalan Duri-Dumai-Rupat sebagai pengembangan kawasan strategic menjadikan Dumai sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di provinsi Riau.
  5. apabila pembanguan jalan tol dan jaringan rel kereta api Pekanbaru-Dumai dapat di realisasikan, maka dumai akan lebih mudah di capai dari Pekanbaru, provinsi Jambi, provinsi Sumatra Barat serta provinsi lainnya di Sumatra. Dengan demikian, barang barang yang akan di kapalkan masuk dan keluar pulau Sumatra, terutama untuk tujuan ke manca Negara, akan banyak memilih melewati pelabuhan Dumai.
  6. Hinterland Kota Dumai akan menjadi andalan dan daya tarik investor, terutama untuk investasi refinery kelapa sawit dan turunannya ( dalam hal ini industry hilir kelapa sawit, oleochemical, dan biodiesel), industri pupuk, electronic, tekstil dan produk tekstil, dan juga pertambangan yang merupakan daerah penghasil minyak di Indonesia.
  7. Kota Dumai sebagai Kota Industri memiliki sarana dan prasarana transportasi yang lengkap di provinsi Riau. Fasilitas yang telah ada, antara lain adalah:
    1. Memiliki jaringan jalan darat ke seluruh wilayah darat di Sumatra dan jawa dan bali.
    2. Memiliki terminal angkutan barang di bukit jin
    3. Memiliki terminal AKAP di kelakap tujuh
    4. Memiliki pelabuhan udara pinang kampai, dengan  panjang landasan 1800 meter yang dapat di darati pesawat dengan jenis Fokker 100.
  8. kota Dumai , memiliki 4 kawasan industry yang strategis yaitu :
    1. kawasan industry pelintung seluas 5.084 ha,
    2. kawasan industry lubuk gaung seluas 2.158 ha,
    3. kawasan industry terpadu dock yard 300 ha,
    4. kawasan industry bukit kapur 115 ha.
  9. infrastruktur lain yang tak kalah penting adalah :
    1. tersedianya layanan perbankan, saat ini hampir di semua bank-bank pemerintah ataupun swasta sudah ada di Kota Dumai
    2. tersedianya layanan kesehatan, saat ini baru tersedia rumah sakit tang di kelola oleh pemerintah seperti RSUD dan rumah sakit swasta  yang di kelola oleh PT. PERTAMINA
    3. sarana pendidikan , saat sudah tersedia sarana pendidikan dari tingkat pra sekolah ( TK) sampai perguruan tinggi yang berstatus negeri dan swasta
Posting Popular
Error: Cannot create object