Potensi Sumber Daya Manusia Kota Dumai
  1. Penduduk Kota Dumai

    Dalam konteks membangun generasi pada suatu wilayah yang memiliki sifat entrepreneur, laju pertumbuhan penduduk dapat berpengaruh dalam merangsang tumbuhnya karakter masyarakat yang  gigih dan pekerja keras, namun pertumbuhan penduduk yang tinggi  jelas merupakan penghalang ( barier) bagi pemerataan pandidikan, pelayanan, kesehatan, maupun kesempatan kerja.
    Jumlah penduduk pada suatu wilayah sangat berkaitan dengan ketersediaan tenaga kerja dan laju pencarian kerja baru, karena secarah alamiah mereka akan memasuki usia kerja produktif pada masa yang akan datang.

  2.  Pendidikan dan Tingkat pencarian kerja

    Tingkat pendidikan tenaga kerja di Kota Dumai dapat dilihat dari tingkat pendidikan pencari kerja yang terdaftar di dinas tenaga kerja dan kesejahteraan sosial kota Dumai. Pada table 6.2, terlihat bahwa pencari kerja kota dumai sebagian besar (63,8%) berpendidikan SLTA (SMU+SMK berjumlah 4.934 jiwa) selanjutnya adalah pada jenjang (S1)sebanyak 1.059 jiwa (13,7%) dan diploma 3 sebanyak 804 jiwa (10,4%). Tenaga kerja yang banyak terserap oleh pasar kerja Kota Dumai adalah pada jenjang SLTA, yaitu dari 4.934 yang mencari kerja telah ditetapkan sebanyak 1.455 (29,5%). Komposisi tenaga kerja jauh berbeda dengan kondisi Indonesia umumnya. Karena itu pendidikan menengah menjadi penting dipahami karena tamatannya memiliki nilai waktu relatif tinggi pada pasar kerja dibandingkan dengan pendidikan rendah atau SD.

Posting Popular
Error: Cannot create object